Setelah Tahun Baru, Sampah Menumpuk di Pulau Bokori. Salah Siapa?

Setelah Tahun Baru, Sampah Menumpuk di Pulau Bokori. Salah Siapa?

377
BERBAGI
Kondisi Pulau Bokori Sulawesi Tenggara Setelah Perayaan Tahun Baru 2017
Tumpukan Sampah di Pulau Bokori (Foto: Facebook/Arif Relano Oba)

KotakNews.com – Setelah Tahun Baru, Sampah Menumpuk di Pulau Bokori. Salah Siapa?, Bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara, Pulau Bali dan Pulau Jawa merupakan surganya wisata. Beberapa destinasi wisata tersebut merupakan tempat yang sangat cocok untuk Anda menghabiskan waktu dan menenangkan pikiran setelah berjibaku dengan tugas kuliah, pekerjaan kantor, atau aktivitas lainnya. Namun untuk Anda yang sudah pernah ke beberapa tempat wisata tersebut mungkin ingin mencari destinasi wisata lain yang juga tidak kalah bagusnya.

Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang letaknya berada sisi kanan bawah Pulau Sulawesi ternyata memiliki banyak kekayaan wisata alam yang tidak kalah kerennya. Bagi sebagian orang mungkin sudah mengenal dengan Wakatobi yang beberapa tahun belakangan menjadi hits karena pesona bawah lautnya yang menyajikan pemandangan terumbu karang yang menawan.

Yang tidak banyak orang ketahui, Sulawesi Tenggara ternyata masih memiliki satu tempat wisata alam yang tidak kalah eksotisnya dengan Wakatobi. Pulau Bokori, salah satu wisata bahari menarik dan tersembunyi yang berada di wilayah Kabupaten Konawe ini menyajikan ketenangan dan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Dibalik pemandangan yang menakjubkan terseebut, belum banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui keberadaan pulau yang sangat indah ini.

Pulau yang ternyata nyaris tenggelam akibat abrasi pantai ini telah menjadi primadona warga Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya yang berada di Kota Kendari. Ini tidak lepas dari peran pemerintah setempat yang terus berupaya membangun dan menjadikan pulau ini sebagai tempat wisata menarik dan favorit untuk setiap pengunjung yang datang.

Dengan pemandangan pasir putih yang memanjang, Pulau Bokori menyajikan banyak spot-spot menarik untuk bersantai dan mengabadikan momen-momen bahagia liburan setiap orang yang berkunjung.

Simak Juga :  Keindahan Alam Dan Atraksi Lumba-lumba Di Teluk Kilauan Lampung

Untuk itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan tempat ini sebagai tujuan untuk menghabiskan waktu senggang bersama sahabat, keluarga, maupun rekan kerja. Salah satu contohnya adalah momen pergantian tahun. Tidak terkecuali momen pergantian tahun baru 2017 kemarin. Banyak masyarakat khususnya anak-anak muda yang menghabiskan malam pergantian tahun di Pulau Bokori. Berbagai acara mereka lakukan untuk tertawa riang bersama di pulau nan indah ini.

Namun yang cukup disesali adalah kesadaran masyarakat akan kebersihan. Entah sudah menjadi tradisi yang sangat sulit dihilangkan, pemandangan Pulau Bokori yang sebelumnya terlihat begitu mempesona seakan lenyap dengan berbagai tumpukan sampah yang menghiasi tempat itu setelah perayaan tahun baru telah lewat beberapa hari yang lalu.

Seperti yang terpampang di akun sosial media Facebook pada hari Rabu (04/01/2017) lalu. Salah seorang pengguna Facebook bernama Arif Relano Oba memposting pemandangan miris yang menampilkan foto kondisi Pulau Bokori dengan tumpukan sampah yang menyebar hampir diseluruh pantai.

“Pulau Bokori , tiga hari setelah tahun baru. Sampah dimana-mana. Kalau pengelolaan sampah dan kesadaran masyarakat yang berkunjung di tempat wisata ini terus seperti ini, tahun depan kita tidak punya lagi tempat wisata andalan,” tulis Arif Relano Oba seperti yang kami kutip dari akun Facebook miliknya.

Hal ini tentu menimbulkan berbagai respon dari berbagai netizen. Tercatat sampai hari ini (06/01/2017) sudah ada 54 komentar dan 103 orang yang membagikan postingan ini. Beberapa komentar dari para netizen juga memperlihatkan bagaimana mereka sangat menyayangkan masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan terutama kebersihan tempat wisata.

Foto Pulau Bokori Sebelum dan Sesudah Ada Tumpukan Sampah
Pulau Bokori, Sebelum dan Sesudah Ada Tumpukan Sampah

“Menyedihkan. Jk keadaan bgini brlanjut trus, mka bokori bukan lg mnjadi tmpat yg indah utk wisata. Hrus ad prhatian khusus n praturan tgas tntang hal in…,” tulis akun Ka Rista.

Simak Juga :  Wajah Sammy Simorangkir Berubah Drastis. Oplas ya Bang?

“Hiksss… akibat keterbatasan personil pengelola dan kesadaran pengunjung…,” tambah akun Daru Ayapa.

Tidak hanya masyarakat, banyak juga yang berharap seharusnya pemerintah setempat segera mengambil langkah atau setidaknya menambah personil untuk menyelesaikan masalah sampah yang menumpuk di Pulau Bokori ini agar tidak terjadi hal yang serupa agar Pulau Bokori tidak kembali ‘hilang’.