Taj Mahal Keluar dari Buklet Pariwisata India

Taj Mahal Keluar dari Buklet Pariwisata India

71
BERBAGI
Taj Mahal keluar dari buklet pariwisata India

KotakNews.com – Taj Mahal Keluar dari Buklet Pariwisata India, Taj Mahal telah dikecualikan secara kontroversial dari buklet pariwisata Uttar Pradesh. Buklet yang dikeluarkan oleh departemen pariwisata ini tidak dimaksudkan sebagai brosur promosi. Namun absennya Taj Mahal dalam pencatatan salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern tersebut tetap memicu kemarahan dan kebingungan.

Wartawan, politisi dan aktivis memprotes kelalaian tersebut melalui media sosial. Objek wisata populer, yang terletak di distrik Agra Uttar Pradesh, telah disebutkan di Twitter lebih dari 12.000 kali dalam 24 jam terakhir.

Buklet tersebut telah dirilis sejak enam bulan masa jabatan nasionalis Hindu Yogi Adityanath sebagai menteri utama negara berpenduduk paling padat di India.

Dalam buklet itu, tercantum beberapa proyek pariwisata masa depan dan menyebutkan sejumlah tujuan wisata terkenal, termasuk sebuah kuil di Gorakhpur dimana Mr Adityanath adalah imam utamanya.

Namun pandangan Pak Adityanath tentang Taj Mahal sebelumnya dipertanyakan. Pada bulan Juni, dia dilaporkan mengatakan bahwa monumen tersebut tidak mencerminkan budaya India. Baginya, Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal Muslim Shah Jahan untuk mengenang istri kesayangannya Mumtaz Mahal.

Hal ini menimbulkan berbagai komentar pedas di twitter.

“Taj Mahal bukan lagi tujuan wisata, @unesco harus mengumumkan @myogiadityanath Gaushala di Gorakhpur sebagai situs warisan dunia,” wartawan Prerna Bakshi men-tweet.

 

“Pemerintah Yogi telah mencemarkan nama baik warisan negara kita dengan menghapus Taj Mahal dari daftar pariwisata. Akan menjadi sebuah bahan┬álelucon di media internasional.”┬ákata YouTuber Dhruv Rathee.

“Benar-benar bodoh Yogi Adityanath menciptakan sebuah kontroversi seputar Taj Mahal. Ketidakdewasaan politik semacam itu tidak sesuai dengan CM [menteri utama].”

Avanish Awasthi, pejabat departemen pariwisata Uttar Pradesh, menjelaskan posisi pemerintah daerah. “Buklet ini dirilis hanya untuk tujuan konferensi pers dan bukan panduan untuk tempat wisata Uttar Pradesh,” katanya kepada NDTV.

Simak Juga :  Manfaat Ciplukan Bagi Penderita Diabetes

“Ini menyebutkan proyek pariwisata Uttar Pradesh yang baru dan akan datang, dan area fokus baru.” imbuhnya. Dalam serangkaian tweet, akun resmi Utter Pradesh pemerintah mengklaim bahwa uang juga telah disisihkan untuk mendanai proposal pembangunan untuk Taj Mahal.