Taman Pintar, Wisata Pendidikan Bagi Anak-anak Di Yogyakarta

Taman Pintar, Wisata Pendidikan Bagi Anak-anak Di Yogyakarta

17169
BERBAGI

KotakNews.com Siapa yang tidak pernah mendengar atau mengenal nama Yogyakarta, mungkin semua masyarakat Indonesia mengetahuinya meski belum pernah kesana.

Yogyakarta dikenal sebagai kota budaya, kota pelajar dan juga kota wisata. Bagi yang pernah berkunjung ke Yogya, hampir pasti juga mampir ke malioboro sebagai salah satu ikon utama destinasi wisata.

Namun bila anda hendak berkunjung ke tempat wisata alternative yang tak kalah menarik dan dekat dengan malioboro, terlebih bila anda membawa anak-anak, ada baiknya berkunjung ke Taman Pintar.

 Taman Pintar berada di tengah pusat kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Senopati No 1-3. Selain berdekatan dengan beberapa objek wisata seperti Benteng Vredeburg dan Malioboro, letak taman ini juga tak jauh dari Istana Negara dan Kraton Yogyakarta. Lokasi yang strategis seperti ini yang membuat Taman Pintar mudah dikunjungi.

Begitu memasuki pintu gerbang, kita langsung disambut oleh area yang disebut sebagai Playground Arena. Jalan masuk dari pintu gerbang terpecah menjadi 2 oleh sebuah koridor yang terdiri atas 3 tiang berbentuk segitiga di masing-masing sisinya.

Didalam Taman Pintar terdapat berbagai permainan menarik dan mendidik dengan nama menggelitik terdapat di Playground Arena ini. Selain Koridor Air, ada Parabola Berbisik, Dinding Berdendang, Pipa Bercerita, Cakram Spektrum Warna, Air Menari, Forum batu, Tapak pintar, Desaku Permai, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan Istana Pasir.

Di Zona khusus anak yang merupakan Playground Arena terdapat Zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang khusus diperuntukkan bagi anak usia 2-7 tahun. Zona ini terbagi atas 2 gedung yaitu gedung barat dan gedung timur. Terdapat pula gedung oval, untuk masuk ke dalam gedung ini, anak-anak hanya harus membayar Rp. 5000 rupiah, orang dewasa Rp. 10.000 rupiah, sementara tersedia harga khusus bagi tamu rombongan siswa dan guru.

Simak Juga :  Batur Natural Hot Spring : Wisata Air Keluarga Di Bali

Didalam gedung ini juga terdapat tayangan tentang kehidupan pra sejarah, terbentuknya alam semesta, juga terdapat aquarium yang berisi berbagai jenis ikan air tawar. Selain itu terdapat juga beberapa stand yang memeragakan alat-alat iptek sederhana, ada pula gambar-gambar tokoh ilmu pengetahuan dunia serta peta alam Indonesia lengkap dengan gunung sungai dan danaunya.

Selain Gedung Oval, masih ada lagi Gedung Kotak. Dalam gedung ini terdapat bioskop 4 Dimensi yang dapat Anda nikmati bersama kelurga. Cukup membayar Rp. 15.000 per orang untuk menonton satu film.

Rencananya di Gedung Kotak ini juga akan terdapat Exhibition Hall, Ruang Audiovisual, Radio Anak jogja, Souvenir Counter, zona materi dasar dan penerapan iptek, laboratorium sains, serta Courses Classes. Secara keseluruhan, Taman Pintar ini cukup representatif dan cukup mendidik, sehingga layak menjadi salah satu alternatif tempat wisata keluarga dan anak-anak. (fap)

BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.