Ternyata Nama Mantan Presiden ke–5 Megawati Dijadikan Nama Kebun Raya di Korsel

Ternyata Nama Mantan Presiden ke–5 Megawati Dijadikan Nama Kebun Raya di Korsel

578
BERBAGI
Megawati dan Kim Sung Soo (Foto: viva.co.id)

KotakNews.com – Ternyata Nama Mantan Presiden ke–5 Megawati Dijadikan Nama Kebun Raya di Korsel, Mantan Presiden ke- 5 RI Megawati Soekarnoputri ternyata tidak hanya dikenal di Indonesia. Di luar negeri pun namanya terkenal hingga dijadikan nama sebuah kebun raya.

Pada Rabu, (31/5/2017) Megawati pergi ke Seigeipo, Pulau Jeju, Korea Selatan dalam rangka meresmikan Kebun Raya bernama Megawati Soekarnoputri itu. Tepat pukul tiga sore waktu setempat, di bawah dinginnya suhu udara beliau melaksanakan prosesi peresmian kebun dengan ditemani oleh Rokhmin Dahuri Ketua DPP PDIP dan Kim Sung Soo pemilik kebun raya tersebut. Selain itu Dubes RI untuk Korea Selatan Umar Hadi juga hadir dalam peresmian itu.

(Foto: tribbunnews.com)

Kebun Raya Megawati Soekarnoputri ini memiliki luas hingga 100 ribu meter persegi dan berada dalam sebuah lingkungan resor kesehatan dengan luas 240 ribu meter persegi. Dengan kontur tanah semi pegunungan, kebun raya Megawati terdiri atas lapangan terbuka, jalan setapak, dan hutan buatan. Tepat di tengah-tengah kebun terdapat sebuah pohon yang berbunga warna merah putih yang ditanam oleh Megawati pada Maret 2013 bersama Rokhmin Dahuri.

Ternyata Kebun Raya ini adalah kado dari warga Jeju kepada Indonesia menjelang hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni.

“Saya terkejut sekaligus sangat bahagia saat pemilik tempat ini menamakan kebun raya ini dengan nama saya” ucap Megawati dalam sambutannya,” Rabu (31/5/2017). “Tak banyak yang tahu kalau saya ini adalah Ketua Umum Kebun Raya Indonesia yang memimpin pengurus 32 kebon raya di seluruh Indonesia” tambah Mega, sambil mengumbar senyumnya yang khas. “Saya selalu memotivasi pembangunan kebun raya karena akan menjadi sarana rekreasi, pendidikan, riset, dan pertumbuhan plasma nutfah. Dahulu Indonesia hanya punya lima kebun raya, namun saat ini sudah ada 32 kebun,” kata Megawati penuh semangat.

Simak Juga :  Oon "Project Pop" Meninggal Dunia, Para Sahabat Mengaku Kaget

Megawati pun pernah datang untuk pertama kalinya ke kebun tersebut pada  tahun 2013 silam atas undangan Kim Sung Soo yang merupakan orang terkaya di Jeju. Saat itu, Mega sangat tertarik dengan konsep taman yang penuh dengan bunga dan aneka tumbuhan yang sangat lebat. Kemudian beliau memberikan masukan tentang konsep lingkungan dari kompleks yang sedang dibangun.

Disekitar area Megawati Garden terdapat hotel eksklusif bintang lima. Uniknya, kebun ini ternyata adalah bagian dari resor kesehatan di Korea yang menggabungkan antara hotel, rumah sakit, dan alam. “Terima kasih Ibu Megawati atas ide brilian dan dukungan atas konsep hotel serta lingkungannya,” ujar Kim Sung Soo dalam sambutannya sebagaimana rilis dari KBRI Seoul. “Fasilitas medik yang terintegrasi dengan hotel di komplek ini, telah melayani orang asing sejak awal januari 2015 lalu” ujar Kim Sung Soo pemilik hotel.

Kebun Raya Megawati Sukarnoputri ini ternyata bukan hanya di Pulau Jeju Korea Selatan. Kebun dengan nama yang sama,  ada di Minahasa Utara Sulawesi Utara. “Megawati Sukarnoputri yang di Minahasa adalah adik dari kebon raya yang di Jeju ini, sebab ini lahir lebih dulu” ujar Mega yang disambut dengan tawa oleh sejumlah anggota DPRD Pulau Jeju.