Tersangka Korupsi Diangkat Megawati Jadi Pengurus Inti DPP PDIP

Tersangka Korupsi Diangkat Megawati Jadi Pengurus Inti DPP PDIP

8847
BERBAGI

KotakNews.com Ketua Umum PDIP Terpilih, Megawati Soekarno Putri telah mengumumkan struktur kepengurusan periode 2015-2020. Kepengurusan ini menjadi sorotan dan menimbulkan kontroversi di masyarakat dengan munculnya nama Idham Samawi.

Kontroversi timbul karena mantan Bupati Bantul yang menjabat ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP ini sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus hibah anggaran KONI ke Persiba Bantul sebesar Rp. 12,5 Miliar. Kasusnya saat ini masih ditangani oleh Kejaksaan Tinggi Yogyakarta.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa PDIP mempunyai alasan tersendiri dengan memasukkan nama Idham Samawi kedalam kepengurusan partai, PDIP sebut Hasto, memberikan kesempatan kepada Idham untuk memperbaiki diri.

Pendapat berbeda disampaikan oleh mantan Ketua DPC PDIP Gunung Kidul Ratno Pintoyo, menurutnya apa yang dilakukan PDIP telah menyalahi komitmen pemerintahan Jokowi yang menyatakan akan melakukan pemberantasan terhadap tindak pidana korupsi. Alasan PDIP juga berlawanan dengan ucapan megawati sebelumnya yang mengaku jengkel dengan politisi PDIP Andriansyah yang tertangkap tangan oleh KPK karena kasus suap.

Padahal, Idham juga masih terbelit kasus korupsi, harusnya menurut Ratno, Idham diperlakukan sama dengan Andriansyah dipecat dari PDIP. Ratno juga mengingatkan bahwa kasus korupsi Idham cukup besar, Negara dirugikan hingga Rp. 12,5 miliar. Selain itu, adanya upaya mengembalikan kerugian Negara itu juga merupakan bukti bahwa Idham terlibat. Perlakuan yang berbeda antara Andriansyah dan Idham tegas Ratno, akan memberikan kesan kepada masyarakat bahwa PDIP melindungi kadernya yang menjadi pelaku korupsi. (fap)

Simak Juga :  Rencana Revisi UU KPK Dituding Sebagai Upaya Pelemahan Terhadap KPK
BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.