Tips jitu Cara Menghemat Baterai Pada Android

Tips jitu Cara Menghemat Baterai Pada Android

633
BERBAGI
Android Battery

KotakNews.com – Saat ini android merupakan gadget yang sangat populer di kalangan remaja ataupun orang tua, kecanggihan dan ketangguhan android ini membuat para pengguna merasa nyaman akan kemampuan yang ada pada perangkat tersebut, tidak bisa di pungkiri bahwa semakin canggihnya teknologi juga mempengaruhi kerentanan pada perangkat tersebut tidak terkecuali dengan baterai. Pada saat ini banyak sekali yang ‘ngedumel’ kalau baterai pada androidnya cepat sekali habis, walaupun penggunaanya masih dalam tahap wajar. Untuk baterai yang cepat habis banyak sekali faktornya dari mulai teknologi baterai yang di gunakan ataupun memang anda yang terlalu boros menggunakan sumber daya. Nah oleh karena itu disini akan memberikan sedikit tips cara menghemat baterai pada android:

 

Cara Menghemat Baterai pada Android:

1. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Untuk menghemat baterai pada android bisa dengan mengatur beberapa fitur dalam ponsel baik itu WiFi, Bluetooth, atau fasilitas lainya, anda dapat menambahkan aplikasi-aplikasi dari Play Store untuk mengoptimalkan penggunaan baterai pada smartphone Android. Salah satunya yang dapat anda gunakan adalah DU Battery Saver. Aplikasi ini adalah aplikasi yang populer di PlayStore karena fiturnya yang lebih lengkap dari aplikasi-aplikasi buatan kompetitor dalam menghemat baterai anda. Pada DU Battery Saver didalamnya terdapat beberapa modus dan pre-set pilihan cerdas yang user friendly dalam penggunaannya sehingga baterai anda tidak cepat habis.

 

2. Matikan(Turn Off) fasilitas GPS

Fasilitas GPS pada Android sangat berguna untuk navigasi arah ketika anda berada dalam perjalanan jauh. GPS dapat menunjukkan arah yang benar dan tepat sehingga dapat menjadi alternatif arah yang baik. Tetapi kekurangan dalam penggunaan GPS ini menghabiskan konsumsi daya boros yang mengurangi drastis daya hidup baterai anda. Oleh karena itu untuk menghematnya anda ketika tidak sedang berada dalam perjalanan maka fitur GPS lebih baik dimatikan saja. Pengguna Android sering lupa untuk mematikan GPS padahal tidak sedang berada pada perjalanan yang kemudian membuat konsumsi baterai menjadi boros. Sehingga mematikan fungsi GPS ini adalah salah satu cara menghemat baterai android yang terbaik.

Simak Juga :  Cara Membuat Efek Retak Pada Wajah Menggunakan Photoshop

 

3. Ubah Koneksi Ponsel

Ketiga yang harus anda perhatikan adalah masalah koneksi! Tidak stabilnya pancaran sinyal data 3G dari Android akan menjadikan smartphone kita harus terus mencari pancaran sinyal yang terbaik dimana pun anda mengaktifkannya. Oleh karena itu untuk menghemat penggunaaan baterai sebaiknya ketika sedang berada pada lokasi HotSpot disarankan untuk mematikan akses seluler terlebih dahulu dengan menyambungkan Android dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia. Sekarang ini tempat-tempat yang menyediakan akses Wi-FI menjamur mulai dari rumah, kantor, kampus, ataupun pusat perbelanjaan maka segera alihkan koneksi menuju jaringan Wi-Fi yang dimana memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan stabil sehingga smartphone hanya akan menghabiskan waktu yang lebih singkat untuk load ketika anda sedang browsing atau menggunakan aplikasi-aplikasi yang selalu terkoneksi dengan internet. Sehingga cara menghemat baterai android dengan merubah koneksi ini sangat patutlah untuk dipraktekkan.

 

4. Matikan/Off Fasilitas Wi-Fi & Bluetooth

Cara menghemat baterai pada android yang ke-empat adalah masalah pengaturan transfer antar perangkat. Hal ini sebetulnya sangatlah simpel namun sering terlupakan oleh para pengguna smartphone Android. Saat sedang dalam kondisi yang tidak diperlukan maka matikan saja koneksi Wi-Fi kita karena apabila Wi-Fi dalam kondisi hidup maka Android akan selalu aktif dalam mencari jaringan Wi-Fi yang akan mengakibatkan terkurasnya baterai dengan drastis. Demikian juga hal ini berlaku untuk penggunaan Bluetooth yaitu fasilitas pertukaran data antar perangkat ini disarankan untuk dimatikan apabila kita tidak sedang menggunakannya. Untuk menyalakan fasilitas Bluetooth juga sangat mudah pada Android dengan sentuhan pada ikon Bluetooth di home screen anda.

 

5. Aturlah Tingkat Kecerahan Layar (Brightness)

Fasilitas layar pada Android mempengaruhi efektifitas dalam penggunaan baterai. Layar dengan tingkat kecerahan tinggi memiliki andil yang besar dalam penggunaan daya karena menghasilkan layar yang sangat terang. Untuk itu ketika anda membutuhkan baterai dengan daya tahan yang lama anda dapat mengubah tingkat kecerahan layar menjadi tidak terlalu terang. Sedangkan untuk menambah waktu stand by ponsel Android layar dirubah menjadi redup saja yang kebutuhan dayanya tidak besar. Sehingga menurut saya cara menghemat baterai android dengan mengatur tingkat kecerahan layar ini adalah hal yang harus diperhatikan jika anda memang menginginkan gadget anda awet.

Simak Juga :  3 Cara Mudah Mencegah Masuk Grup Facebook Secara Tiba-tiba

Nah dimikian tips cara menghemat baterai android. Semoga dengan cara tersebut android anda menjadi tahan lama.

BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.