Toyota Berkomitmen Tingkatkan Ekspor Mobil Dari Indonesia Hingga Tiga Kali Lipat

Toyota Berkomitmen Tingkatkan Ekspor Mobil Dari Indonesia Hingga Tiga Kali Lipat

2400
BERBAGI

KotakNews.com Toyota merupakan pemain utama dan terbesar dalam industri kendaraan bermotor di Indonesia. Produk yang dibuat Toyota di Indonesia telah digunakan masyarakat selama beberapa dekade terakhir bahkan banyak yang di ekspor ke mancanegara.

Presiden Toyota Akio Toyoda berkomitmen untuk menggenjot eksor mobil produksi Toyota di Indonesia ke Negara-negara hingga 300% atau tiga kali lipat dari total ekspor saat ini. Komitmen Toyoda tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke pabrik pembuatan mobil Toyota di Nagoya, Jepang, Rabu (25/03/2015). Presiden juga menyebutkan telah meminta agar Indonesia dapat dijadikan sebagai product service khusus untuk ekspor. Dan hal tersebut disanggupi oleh Toyoda. “ditingkatkan tiga kali lipat, bukan 30%. Tiga kali lipat baik industri komponen maupun mobilnya,” ujar Jokowi.

Tahun 2014, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia telah mengekspor 160.000 unit mobil atau meningkat 35% dari tahun sebelumnya. Jumlah ekspor di tahun 2014 ini sejatinya melonjak tinggi hingga 500% dalam jangka waktu lima tahun, dimana tahun 2009 ekspor Toyota baru sebesar 31.000 unit dan menjadi 160.000 unit di 2014.

Ekspor Toyota Indonesia ditujukan ke Negara-negara timur tengah serta ke Filipina. Produk yang di Ekspor antara lain, Sedan Vios, Avanza, Agya, Yaris dan Rush. Selain ekspor mobil utuh, Toyota juga mengekspor dalam bentuk terurai (Complete Cnock Down/CKD) yang mencapai 42.000 unit, ekspor mesin 52.000 unit, komponen mesin 100.000 unit dan komponen mobil 62 juta komponen. Selain itu Toyota juga mengekspor alat Bantu produksi kenegara di kawasan Asia, Amerika Latin dan Eropa. Meski demikian, dikawasan Asia Tenggara, penguasa ekspor mobil masih dipegang Thailand. Dengan komitmen Toyota ini diharapkan jumlah ekspor mobil Indonesia dapat mendekati jumlah angka Thailand. (fap)

Simak Juga :  Gagal Bisnis? Jangan Bunuh Diri!
BERBAGI
Seorang wiraswasta sekaligus juru ketik yang mencintai teknologi. Disarankan untuk mencari jodoh secepat mungkin.