Wakil Direktur UNICEF Kunjungi Anak – Anak Kekurangan Gizi di Nigeria

Wakil Direktur UNICEF Kunjungi Anak – Anak Kekurangan Gizi di Nigeria

52
BERBAGI
Wakil Direktur UNICEF Kunjungi Anak – Anak Kekurangan Gizi di Nigeria

KotakNews.com – Wakil Direktur UNICEF Kunjungi Anak – Anak Kekurangan Gizi di Nigeria, Wakil Direktur UNICEF, Justin Forsythe, melakukan kunjungan tiga hari ke Kota Maiduguri di bagian timur-laut Nigeria. Forsythe mengatakan kepada wartawan di sana bahwa di antara satu juta anak yang kehilangan rumah akibat kerusuhan delapan tahun yang dilancarkan oleh kelompok Boko Haram, 450.000 anak yang berusia lima tahun di perkirakan menderita kekurangan gizi akut. Terlebih lagi, sebanyak tiga juta anak dipaksa berhenti sekolah akibat kerusuhan tersebut.

Forsythe mengatakan kalau berlangsung terus, kerusuhan itu bisa meningkatkan krisis kemanusiaan yang lebih besar. “Anak-anak di bagian timur-laut hidup dalam ketakutan semacam itu,” kata Forsythe pada Jumat (29/9/17).

Pejabat UNICEF tersebut juga telah mengunjungi Maiduguri, Ibu Kota Negara Bagian Borno di bagian timur-laut Nigeria dan pusat kerusuhan Boko Haram, untuk meminta dukungan lebih besar buat anak-anak di wilayah itu.

Berdasarkan data badan PBB tersebut, lebih dari 2.295 guru telah tewas dan 19.000 meninggalkan tempat tinggal mereka sejak 2009, ketika kerusuhan meletus.

“Hampir 1.400 sekolah telah hancur dan kebanyakan tak bisa dibuka akibat kerusakan parah atau gedung sekolah itu berada di daerah yang masih tidak aman,” kata Forsythe.

Ia mengatakan UNICEF telah mencatat sebanyak 750.000 anak di sekolah tahun ini. Ia menambahkan UNICEF mendirikan lebih dari 350 tempat belajar sementara dan akan membagikan 94.000 paket bahan belajar guna membantu anak-anak memperoleh pendidikan.

Ia mengatakan program penyelamat nyawa yang diperkenalkan oleh badan PBB itu akan mendukung anak-anak di wilayah tersebut dengan jurang pemisah kekurangan dana 40 persen, dan menyeru lebih banyak badan donor internasional agar meningkatkan dukungan mereka.

Simak Juga :  Kabar Olahraga Terbaru Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2018
BERBAGI
A kind girl who likes working hard.