Wow! Ford dan General Motor Menyerah, Toyota Akan Melawan Kebijakan Pajak Perbatasan...

Wow! Ford dan General Motor Menyerah, Toyota Akan Melawan Kebijakan Pajak Perbatasan Donald Trump

521
BERBAGI
Wow! Ford dan General Motor Menyerah, Toyota Akan Melawan Kebijakan Pajak Perbatasan Donald Trump
Ford dan GM Menyerah, Toyota Tetap Melawan Trump

KotakNews.com – Wow! Ford dan General Motor Menyerah, Toyota Akan Melawan Kebijakan Pajak Perbatasan Donald Trump. Mengingat Ford dan General Motor (GM) yang telah menjadi industri otomotif dan juga mendapatkan peringatan atau ancaman dari Donald Trump. Perusahaan Ford itu pun membatalkan niatan untuk membangun pabrik di Meksiko dan beralih untuk menginvestasikan uang sebesar US$700 juta di Michigan. Tak hanya itu, akibat ancaman tersebut pun kedua perusahaan tersebut menyediakan 700 lapangan pekerjaan baru.

Selanjutnya General Motor (GM) yang awalnya berencana ingin memproduksi Chevrolet Curze versi hatchback di Meksiko tidak jadi. Menanggapi hal itu, GM menyatakan bahwa Chevrolet Curze yang telah dijual di AS semuanya diproduksi di Ohio.

Akibat ancaman yang dilontarkan oleh Trump, akhirnya Ford dan General Motor Menyerah, namun berbeda dengan Toyota akan melawan kebijakan pajak perbatasan Donald Trump.

Presiden AS terpilih Donald Trump berjanji akan menetapkan kebijakan “pajak perbatasan besar”. Kebijakan ini ditujukan untuk perusahaan-perusahaan yang akan memindahkan produksinya ke luar negeri dan menjual kembali barang-barang produksinya ke Amerika Serikat.

Trump mengatakan pada saat konferensi pers pertamanya di New York bahwa bila Anda ingin memindahkan pabrik Anda ke luar seperti Meksiko atau tempat lain dan Anda ingin memecat semua pegawai pabrik Anda dari Michigan hingga Ohio serta semua tempat yang saya menang, untuk alasan yang baik, itu tidak akan terjadi lagi.

Trump juga menambahkan akan ada pajak perbatasan besar bagi perusahaan-perusahaan yang akan pindah meninggalkan Amerika Serikat.

Perusahaan-perusahaan yang telah ditekan Trump seperti Ford, General Motors, Toyota dan perusahaan lainnya untuk membawa kembali pabrik-pabrik mereka ke Amerika Serikat sampai dengan beberapa pekan terakhir. Apabila hal itu tidak dilakukan maka Trump akan memberlakukan pajak perbatasan pada perusahaan yang menolak hal tersebut.

Simak Juga :  PBB Berharap Donald Trump Berpartisipasi 'Pojokkan' ISIS

Menanggapi hal tersebut, para pejabat perdagangan AS telah memberikan peringatan bahwa kebijakan memberikan pajak seperti itu akan menghadapi tantangan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan juga mungkin akan membawa perusahaan-perusahaan AS keluar dari rantai pasokan global. Hal ini perlu ditanggapi serius karena mengingat pentinganya peran perusahaan tersebut dalam bersaing secara internasional.

Tetapi ada berita terbaru bahwa Toyota akan tetap bersikeras melawan kebijakan Trump. Hal tersebut terlihat dari Hiroshige Seko selaku Menteri Perdagangan Jepang yang tetap akan melanjutkan rencana mereka.